Thursday, May 31, 2012

RPP Tentang Mendengarkan penjelasan tentang simbol daerah/lambang korps.


Bagi yang Ingin Memesan RPP dan Bahan Ajar silahkan isi Formulir ini  Formulir Pemesan

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                       :           ..................................
Mata Pelajaran          :           Bahasa Indonesia
Kelas / Semester        :           IV / I
Tema                           :           Peristiwa
Alokasi Waktu           :           4 x 35 menit 

A.     Standar Kompetensi
1. Mendengarkan: Mendengarkan penjelasan tentang simbol daerah/lambang korps.

B.     Kompetensi Dasar
1.2. Menjelaskan kembali secara lisan atau tertulis penjelasan tentang simbol daerah/lambang korps.

C.     Tujuan Pembelajaran**   :
§         Siswa dapat Mendengarkan penjelasan tentang lambang Pramuka.
§         Siswa dapat Mencatat pokok-pokok penjelasan tentang lambang Pramuka.
§         Siswa dapat Menuliskan penjelasan tentang lambang Pramuka secara terperinci
§         Siswa dapat Menjelaskan secara lisan arti lambang Pramuka

v  Karakter siswa yang diharapkan :     Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

D.    Materi
§         Lambang

E.     Kegiatan Pembelajaran
§         Mendengarkan penjelasan tentang lambang Pramuka.
§         Mencatat pokok-pokok penjelasan.
§         Menuliskan penjelasan tentang lambang secara terperinci.
§         Menjelaskan kembali secara lisan tentang arti lambang.

F.      Langkah-langkah Pembelajaran:
§         Kegiatan Awal
Apersepsi  dan Motivasi :
-          Siswa diajak memperhatikan lambang Pramuka (Tunas Kelapa) yang dipajang di depan kelas.
§         Kegiatan Inti
&   Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang lambang Pramuka.
&   Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1.     Sambil mendengarkan, siswa mencatat hal-hal penting penjelasan guru tentang arti lambang Pramuka.
2.   Selanjutnya siswa diminta menjelaskan kembali secara tertulis tentang lambang Pramuka sebagaimana penjelasan guru.
&   Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1.   Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa 
2. Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
 Siswa diminta menjelaskan kembali tentang lambang Pramuka secara lisan di depan teman-temannya.

Bagi Bapak/Ibukkami yang ingin memiliki RPP ini secara keseluruhan kirim email Bapak/Ibuk Guru kepada amzil_qul@yahoo.co.id.
Mudah-mudahan RPP ini berguna bagi kita semua. Mohon Kritik dan Sarannya yang bersifat membangun di kolam komentar. terima kasih

No comments:

Post a Comment