Bagi yang Ingin Memesan RPP dan Bahan Ajar silahkan isi Formulir ini Formulir Pemesan
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : ...........................
Mata Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Kelas : IV
(Empat)
Semester : 2
(Dua)
Alokasi Waktu : 4
x 35 menit (2 pertemuan).
Standar Kompetensi
3.1 Mengenal Sistem
Pemerintahan Tingkat Pusat.
Kompetensi Dasar
3.1 Mengenal lembaga-lembaga negara dalam susunan
pemerintahan tingkat pusat, seperti MPR, DPR, Presiden, MA, MK, dan BPK, dst.
Indikator
1. Menjelaskan pengertian pemerintahan
2. Mengidentifikasi lembaga-lembaga tingkat
pusat
3.Menyebutkan wewenang, tugas dan tanggung jawab lembaga pemerintahan pusat
3.Menyebutkan wewenang, tugas dan tanggung jawab lembaga pemerintahan pusat
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa
dapat menjelaskan pengertian pemerintah dan sistem pemerintahan.
Siswa
dapat menjelaskan lembaga legislatif.
Siswa
dapat menjelaskan lembaga eksekutif.
Siswa
dapat menjelaskan lembaga yudikatif.
Siswa
dapat menjelaskan Badan Pemeriksa Keuangan.
Siswa
dapat menjelaskan Komisi Pemilihan Umum.
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Berani (
courage ), Integritas ( integrity ),
Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship )
B. Materi Ajar
Pengertian
pemerintah.
Komponen
pemerintahan di Indonesia.
C. Pendekatan
dan Metode Pembelajaran
Pendekatan kontekstual.
Pendekatan Cooperative Learning.
Diskusi dengan teman sebangku.
Penugasan.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama dan Kedua
Kegiatan Awal
Apersepsi :
Mengajak
semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing untuk
mengawali pelajaran.( NK Religius )
motivasi
:
Mengajak
siswa bertanya jawab tentang kegiatan apa saja yang dilakukan pada pagi hari
sejak bangun tidur sampai anak berangkat ke sekolah.
Mengajak
siswa untuk menyebutkan lembaga-lembaga negara (lembaga legislatif, eksekutif,
dan yudikatif) yang dibimbing oleh guru. Tanya jawab ini dikaitkan dengan sistem pemerintahan tingkat pusat yang
akan dibahas.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Semua siswa diminta untuk membaca dan memahami
pengertian pemerintah, pemerintahan, dan sistem pemerintahan.( NK gemar membaca
)
Siswa menyebutkan lembaga-lembaga negara tingkat
pusat (lembaga legislatif, eksekutif, dan yudikatif).
Guru bercerita tentang bacaan dalam buku ( NK rasa
ingin tahu ).
Bertanya jawab tentang lembaga-lembaga negara tingkat
pusat, yaitu lembaga legislatif (MPR, DPR, dan DPD), eksekutif (presiden), dan
yudikatif (Mahkamah Agung dan Mahkamah Konstitusi), serta BPK dan Komisi
Pemilihan Umum.
Mengajak siswa
menyimak “Saya Tambah Pandai” untuk menambah wawasan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Mengajak siswa untuk berdiskusi melalui
“Pertanyaan Pemahaman”.
Menugaskan siswa untuk memberikan laporan hasil
pengamatan tentang materi yang dibahas setelah melakukan pengamatan
sarana-sarana di lingkungan tempat tinggal siswa.
Mengajak siswa untuk mengerjakan soal-soal yang
ada dalam buku kerja/buku paket PKn.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam
bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta
didik,
memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi
dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh
pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
Membantu menyelesaikan masalah;
Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Memberikan motivasi kepada peserta didik yang
kurang atau belum berpartisipasi aktif.
No comments:
Post a Comment