Monday, October 29, 2012

Contoh RPP Matematika Kelas IV Tentang Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah

Bagi yang Ingin Memesan RPP dan Bahan Ajar silahkan isi Formulir ini  Formulir Pemesan


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah                               :   
Mata Pelajaran                  :   Matematika
Kelas/semester                  :   IV (Empat) /1 (satu)
Alokasi waktu                    :   6 x 35 menit  (4 X pertemuan)      

A.     Standar  Kompetensi       :          
1.   Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah

B.     Kompetensi Dasar
1.1  Mengidentifikasi sifat-sifat operasi hitung

C.     Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat Mengetahui jenis operasi hitung
Siswa dapat Memberikan contoh sehari-hari yang berhubungan dengan operasi hitung
Siswa dapat Melakukan penjumlahan dan perkalian dengan nol
Siswa dapat Melakukan perkalian dengan satu
Siswa dapat Melakukan perkalian dua angka dengan angka sebelas
Siswa dapat Melakukan penjumlahan dan perkalian tiga bilangan berurutan
Siswa dapat Mengidentifikasi sifat penyebaran dalam perhitungan

D.    Materi Ajar
Operasi Hitung Bilangan

E.     Metode Pembelajaran
Games, Tanya Jawab, dan Latihan

F.      Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke-1
Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi
Memberikan games menarik untuk membangkitkan semangat belajar siswa.
Kegiatan Inti           
Eksplorasi 
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Siswa dapat Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung 
Elaborasi 
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Melakukan permainan (games) mengenai bilangan bulat, diskusi, memberi contoh besaran  sehari-hari yang menggunakan bilangan positif dan negatif, serta menganalisis dan menyimpulkan jenis operasi hitung
Melakukan percobaan, diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal
memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik. 
Konfirmasi 
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Kegiatan Penutup 
Dalam kegiatan penutup, guru:
Menyimpulkan materi dan memberikan tugas rumah untuk memantapkan pemahaman siswa.

Pertemuan ke-2
Kegiatan awal

No comments:

Post a Comment

Post a Comment