Friday, October 5, 2012

Contoh RPP SD Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VI Tentang 2. Memahami sistem pemerintahan kabupaten, kota, dan provinsi


Bagi yang Ingin Memesan RPP dan Bahan Ajar silahkan isi Formulir ini  Formulir Pemesan



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah      :   ..................................
Mata Pelajaran    :   Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas                    :   IV (Empat)
Semester              :   I (Satu)
Alokasi Waktu    :  4 x 35 menit (2 pertemuan).

Standar Kompetensi**
2.      Memahami sistem pemerintahan kabupaten, kota, dan provinsi.

Kompetensi Dasar
 2.1 Mengenal lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan kabupaten, kota, dan provinsi.

A.     Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menjelaskan pemerintahan kabupaten/kota.
Siswa dapat menyebutkan kewenangan pemerintah kabupaten/kota.
Siswa dapat menjelaskan pemerintahan provinsi.
Siswa dapat menyebutkan kewenangan pemerintah provinsi.
Siswa dapat memahami tugas, wewenang, hak, dan kewajiban DPRD.

Karakter siswa yang diharapkan :  Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) ,    Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ), Integritas ( integrity ), Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship )

B.     Materi Ajar
Pemerintah kabupaten/kota.
Pemerintah provinsi di Indonesia.
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.

C.     Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan kontekstual.
Pendekatan Cooperative Learning.
Diskusi dengan teman sebangku.
Penugasan.


D.    Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama dan Kedua
Kegiatan Awal
Apersepsi :
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing untuk mengawali pelajaran.
motivasi  :
Mengajak siswa bertanya jawab tentang kegiatan apa saja yang dilakukan pada pagi hari sejak bangun tidur sampai anak berangkat ke sekolah.
Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang di lingkungan mana siswa hidup (kabupaten/kota dan provinsi).
Mengajak siswa untuk menyebutkan lingkungan pemerintahan kabupaten, kota, dan provinsi yang dibimbing oleh guru. Tanya jawab ini dikaitkan dengan pemerintahan kabupaten, kota, dan provinsi yang akan dibahas.

Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Semua siswa diminta untuk menyebutkan lingkungan pemerintahan kabupaten, kota, dan provinsi) di Indonesia.
Guru bercerita tentang bacaan dalam buku.
Bertanya jawab tentang pemerintahan (kabupaten, kota, dan provinsi) serta perangkatnya.
Menyimak pemahaman pengertian kabupaten/kota dan provinsi.
Mengajak siswa menyimak “Saya Tambah Pandai” untuk menambah wawasan.
Mengajak siswa untuk berdiskusi melalui “Pertanyaan Pemahaman”.
Mengajak siswa untuk mengerjakan soal-soal yang ada dalam buku kerja/buku paket PKn

No comments:

Post a Comment

Post a Comment