RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
NAMA SEKOLAH : ...........................
TEMA :
PERTANIAN
KELAS /SEMESTER : 3 (Tiga)/2 (Dua)
ALOKASI WAKTU : 3 MINGGU
ALOKASI WAKTU : 3 MINGGU
A. STANDAR
KOMPETENSI
I. PKN
4. Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
II. IPS
2. Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang
III. IPA
4. Memahami berbagai cara gerak benda,
hubungannya dengan energi dan sumber
IV. Matematika
3. Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya
dalam pemecahan masalah
V. Bahasa
Indonesia
5. Memahami cerita dan teks drama anak yang
dilisankan
6. Menguangkapkan pikiran, perasaan dan
pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan cerita
7. Memahami teks dengan membaca intensif (150 –
200 kata) dan membaca puisi
8. Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi
dalam karangan sederhana dan puisi
B. KOMPETENSI
DASAR
PKN
|
:
|
4.1
|
Mengenal kekhasan bangsa Indonesia seperti kebhinekaan,
kekayaan alam, keramahtamahan.
|
IPS
|
:
|
2.2
|
Memahami pentingnya semangat kerja
|
IPA
|
:
|
4.2
4.3
5.2
|
Mendeskripsikan hasil pengamatan tentang pengaruh
energi angin dapat diubah menjadi energi gerak
Mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya
Menerapkan cara menghemat energi dalam kehidupan
sehari-hari
|
Matematika
|
:
|
3.1
|
Mengenal pecahan sederhana
|
Bahasa Indonesia
|
:
|
5.1
|
Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita
pengalaman taman yang didengarnya
|
5.2
6.2
7.1
8.1
|
Menirukan dialog dengan eksperimen yang tepat dari
pembacaan teks drama anak yang didengarnya
Menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat
atau didengar
Menjawab dan atau mengajukan pertanyaan tentang isi
teks agak panjang (150 – 200 kata) yang dibaca secara intensif.
Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri
menggunakan pilihan kata dan kalimat yangtepat dengan memperhatikan
penggunaan ejaan, huruf kapital dan tanda titik
|
I. TUJUAN
PEMBELAJARAN
PKN
|
:
|
Siswa dapat mendeskripsikan letak geografis
Indonesia
Siswa dapat menyebutkan hasil hutan dan manfaatnya Siswa dapat menyebutkan jenis-jenis hutan dan tujuannya Siswa menyebutkan jenis-jenis bahan tambang Siswa dapat menyebutkan hasil laut
Siswa dapat menyebutkan manfaat sungai
Siswa dapat menyebutkan tanaman palawija
yang bisa ditanam di Indonesia
|
IPS
|
:
|
Siswa dapat menjelaskan pentingnya semangat
kerja
Siswa dapat menjelaskan ciri-ciri orang
yang memiliki semangat kerja
Siswa dapat menjelaskan alasan orang harus
bekerja
|
IPA
|
:
|
Siswa dapat menyebutkan pengertian angin
Siswa dapat menunjukkan adanya energi
berdasarkan pengamatan
Siswa dapat menebutkan benda-benda yang
dapat bergerak oleh angin
Siswa dapat membuat daftar sumber-sumber
energi yang terdapat di sekitar kita
Siswa dapat menjelaskan tujuan penggunaan
sumber energi
Siswa dapat menjelaskan angin untuk
menggerakkan benda-benda
|
Matematika
|
:
|
Siswa dapat membuktikan pecahan 1/2, 1/4
Siswa dapt membuktikan pecahan 1/3, 1/6
Siswa dapat menulis lambang pecahan 1/2,
1/4
Siswa dapat membilang pecahan dengan
lambang 1/2. 1/4
Siswa dapat menulis lambang pecahan 1/3,
1/6
Siswa dapat membaca lambang pecahan 1/3,
1/6
Siswa dapat menyajikan nilai pecahan dengan menggunakan berbagai bentuk gambar
|
Bahasa Indonesia
|
:
|
Siswa dapat mendengarkan penjelasan tentang
petunjuk melakukan sesuatu
Siswa dapat melakukan percakapan dari penggalan teks drama yang dibacakan teman Siswa dapat menceritakan kembali bencana alam yang dilihat di televisi
Siswa dapat menceritakan kembali bencana
alam yang dibacanya dari media cetak
Siswa dapat membacakan bacaan agak panjang secara intensif Siswa dapat membuat karangan sendiri dengan bantuan gambar Siswa dapat menulis kalimat berita Siswa dapat memilih kalimat berita Siswa dapat menulis pokok-pokok pikiran dalam bacaan Siswa dapat menyatakan pendapat terhadap suatu pernyataan |
v
Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline
),Tekun ( diligence ),Tanggung jawab ( responsibility ),Ketelitian ( carefulness),Kerja
sama ( Cooperation ),Toleransi
( Tolerance )Percaya diri ( Confidence ),Keberanian ( Bravery )
No comments:
Post a Comment