Wednesday, May 29, 2013

Contoh RPP Bahasa Indonesia Kelas V Tentang Memahami cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yang disampaikan secara lisan

Bagi yang Ingin Memesan RPP dan Bahan Ajar silahkan isi Formulir ini  Formulir Pemesan

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah     :    ..................................
Mata Pelajaran    :     Bahasa Indonesia
Kelas/Semester     :     5 (lima)/2 (dua)
Alokasi Waktu    :     2 X 35 menit


A.    Standar Kompetensi   
5.    Mendengarkan
Memahami cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yang disampaikan secara lisan

B.    Kompetensi Dasar      
5.1 Menanggapi cerita tentang peristiwa yang terjadi di sekitar yang disampaikan secara lisan   

C.    Tujuan Pembelajaran**       
Siswa dapat menjelaskan cerita tentang peristiwa dan memberikan    komentar/saran yang logis dengan bahasa yang santun

Karakter siswa yang diharapkan :     Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

D.    Materi Ajar       
Peristiwa yang terjadi di sekolah

E.    Metode Pembelajaran   
Ceramah, Tanya jawab, latihan

F.    Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
    Apersepsi  dan Motivasi :
Siswa berdo'a dan selanjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara rnengabsen kehadiran siswa serta dilanjutkan dengan menyanyikan salah satu lagu wajib nasional secara bersama-sama.
Untuk membangkitkan Motivasi belajar, siswa menanggapi cerita tentang peristiwa yang terjadi di sekolah
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya rnengenai Materi pembelajaran.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Siswa menjelaskan masalah atau peristiwa yang terjadi di sekolah dengan runtut melalui kegiatan ceramah dan tanya jawab,
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Siswa memberikan komentar atau saran dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun melalui kegiatan tanya jawab dan latihan.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
Siswa diberi tugas untuk mengomentari cerita tentang suatu peristiwa di lingkungan sekitarnya dengan memberikan alasan logis dan menggunakan bahasa yang santun.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment