Friday, June 8, 2012

RPP PAI Tentang Menghafal surah pendek pilihan dalam Alquran


Bagi yang Ingin Memesan RPP dan Bahan Ajar silahkan isi Formulir ini  Formulir Pemesan

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah           :   _______________________
Mata Pelajaran          :   Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester    :   I / 1
Standar Kompetensi :   1.     Menghafal surah pendek pilihan dalam Alquran
Kompetensi Dasar     :   1.1   Melafalkan QS Al Fatihah dengan lancar
Alokasi Waktu           :   3 x 35 menit ( 1 x pertemuan )

Tujuan Pembelajaran**       :
1.        Siswa dapat melafalkan surah Al fatihah dengan lancar dan  benar

Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),
Materi Pembelajaran    :
1.        Materi tentang melafalkan surah Al Fatihah dengan lancar dan  benar



Metode Pembelajaran :      
1.        Siswa melafalkan surah Al Fatihah secara klasikal, kelompok dan  Individu

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1.   Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
·         Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi
Motivasi :
·         memberikan informasi tentang tujuan mempelajari ketentuan-ketentuan bahan ajar surah Al Fatihah  dan isi kandungannya serta keistimewaannya (melalui Fitur Mutiara Islam dan Sepenggal kisah)
2.         Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Siswa melafalkan surah Al Fatihah secara klasikal, kelompok dan individu mengikuti bacaan guru secara hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , serta Tanggung jawab ( responsibility ), .
·         melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
·         menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
·         memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
·         melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran secara Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),
b. Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna secara Tanggung jawab ( responsibility ), memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
·         memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
·         memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
·         memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar secara Tanggung jawab ( responsibility dan Jujur ( fairnes ).
·         memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
·         memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
·         memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
·         Siswa mengulang-ulang lafal surah Al Fatihah secara kelompok dan individu
c. Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·         Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·         Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Bagi Bapak/Ibukkami yang ingin memiliki RPP ini secara keseluruhan kirim email Bapak/Ibuk Guru kepada amzil_qul@yahoo.co.id.
Mudah-mudahan RPP ini berguna bagi kita semua. Mohon Kritik dan Sarannya yang bersifat membangun di kolam komentar. terima kasih

No comments:

Post a Comment