Bagi yang Ingin Memesan RPP dan Bahan Ajar silahkan isi Formulir ini Formulir Pemesan
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : ...............................................
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : VI (Enam)
Semester : I (Satu)
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit.
Standar Kompetensi**
1. Menghargai nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
Kompetensi Dasar
1.1 Mendeskripsikan nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
A. Tujuan Pembelajaran
§ Siswa mampu mendeskripsikan nilai-nilai juang para pahlawan.
§ Siswa mampu menjelaskan proses perjuangan meraih kemerdekaan.
§ Siswa mampu menyebutkan macam-macam perlawanan di daerah pada masa penjajahan.
§ Siswa mampu menceritakan arti dan nilai Kebangkitan Nasional.
§ Siswa mampu menceritakan arti dan nilai yang terkandung dalam Sumpah Pemuda.
· Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ), Integritas ( integrity ), Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship )
B. Materi Ajar
§ Indonesia dijajah oleh bangsa asing.
§ Kebangkitan Nasional.
§ Sumpah Pemuda.
C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§ Pendekatan kontekstual.
§ Pendekatan Cooperatif Learning.
§ Diskusi dengan teman sebangku.
§ Tanya jawab.
§ Penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan
§ Kegiatan Awal
· Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
· Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
· Mengajak siswa bertanya jawab tentang kegiatan selama liburan.
· Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang nama dan asal pahlawan Indonesia.
§ Kegiatan Inti
· Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
· Semua siswa diminta menyimak teks yang dibaca oleh siswa yang ditunjuk secara bergiliran mengenai Indonesia dijajah oleh bangsa asing.
· Bertanya jawab mengenai suasana pada masa penjajahan.
· Bertanya jawab mengenai bangsa apa yang pertama kali datang dan menjajah Indonesia.
· Guru menunjukkan foto/gambar para pahlawan daerah dan menanyakan nama dan asalnya.
· Guru menjelaskan mengapa timbul perlawanan rakyat di berbagai wilayah.
· Guru bertanya mengapa perlawanan di berbagai wilayah selalu dapat ditindas.
· Bersama pasangan, siswa ditugaskan mendeskripsikan nilai-nilai juang para pahlawan.
· Membaca secara bergantian mengenai Kebangkitan Nasional.
· Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
· Berdiskusi mengenai mengapa timbul kesadaran berbangsa.
· Guru menjelaskan asal-usul Hari Kebangkitan Nasional.
· Guru bertanya mengenai nilai-nilai Hari Kebangkitan Nasional pada masa kini.
Bagi Bapak/Ibuk kami yang ingin memiliki RPP ini secara keseluruhan kirim email Bapak/Ibuk Guru kepada amzil_qul@yahoo.co.id.
Mudah-mudahan RPP ini berguna bagi kita semua. Mohon Kritik dan Sarannya yang bersifat membangun di kolam komentar. terima kasih
No comments:
Post a Comment