Thursday, June 14, 2012

RPP Tentang Menghargai nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.


Bagi yang Ingin Memesan RPP dan Bahan Ajar silahkan isi Formulir ini  Formulir Pemesan

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah      :   ...............................................
Mata Pelajaran    :   Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas                    :   VI (Enam)
Semester              :   I (Satu)
Alokasi Waktu               :  2 x 35  menit.

Standar Kompetensi**
1.   Menghargai nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.

Kompetensi Dasar
1.1  Mendeskripsikan nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.

A.     Tujuan Pembelajaran
§         Siswa mampu mendeskripsikan nilai-nilai juang para pahlawan.
§         Siswa mampu menjelaskan proses perjuangan meraih kemerdekaan.
§         Siswa mampu menyebutkan macam-macam perlawanan di daerah pada masa penjajahan.
§         Siswa mampu menceritakan arti dan nilai Kebangkitan Nasional.
§         Siswa mampu menceritakan arti dan nilai yang terkandung dalam Sumpah Pemuda.

·        Karakter siswa yang diharapkan :  Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) ,    Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ), Integritas ( integrity ), Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship )

B.     Materi Ajar
§         Indonesia dijajah oleh bangsa asing.
§         Kebangkitan Nasional.
§         Sumpah Pemuda.

C.     Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§         Pendekatan kontekstual.
§         Pendekatan Cooperatif Learning.
§         Diskusi dengan teman sebangku.
§         Tanya jawab.
§         Penugasan.
D.    Langkah-langkah Kegiatan
§         Kegiatan Awal
·        Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
·      Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
·      Mengajak siswa bertanya jawab tentang kegiatan selama liburan.
·      Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang nama dan asal pahlawan Indonesia.
§         Kegiatan Inti
·        Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·      Semua siswa diminta menyimak teks yang dibaca oleh siswa yang ditunjuk secara bergiliran mengenai Indonesia dijajah oleh bangsa asing.
·      Bertanya jawab mengenai suasana pada masa penjajahan.
·      Bertanya jawab mengenai bangsa apa yang pertama kali datang dan menjajah Indonesia.
·      Guru menunjukkan foto/gambar para pahlawan daerah dan menanyakan nama dan asalnya.
·      Guru menjelaskan mengapa timbul perlawanan rakyat di berbagai wilayah.
·      Guru bertanya mengapa perlawanan di berbagai wilayah selalu dapat ditindas.
·      Bersama pasangan, siswa ditugaskan mendeskripsikan nilai-nilai juang para pahlawan.
·      Membaca secara bergantian mengenai Kebangkitan Nasional.
·        Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·      Berdiskusi mengenai mengapa timbul kesadaran berbangsa.
·      Guru menjelaskan asal-usul Hari Kebangkitan Nasional.
·      Guru bertanya mengenai nilai-nilai Hari Kebangkitan Nasional pada masa kini.

Bagi Bapak/Ibuk kami yang ingin memiliki RPP ini secara keseluruhan kirim email Bapak/Ibuk Guru kepada amzil_qul@yahoo.co.id.
Mudah-mudahan RPP ini berguna bagi kita semua. Mohon Kritik dan Sarannya yang bersifat membangun di kolam komentar. terima kasih

No comments:

Post a Comment