Tuesday, June 12, 2012

RPP Tentang Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah


Bagi yang Ingin Memesan RPP dan Bahan Ajar silahkan isi Formulir ini  Formulir Pemesan

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                               :   .........................
Mata Pelajaran                  :   Matematika
Kelas/semester                  :   IV (Empat) /1 (satu)
Alokasi waktu                    :   6 x 35 menit  (4 X pertemuan)      

A.     Standar  Kompetensi       :          
1.   Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah

B.     Kompetensi Dasar
1.1  Mengidentifikasi sifat-sifat operasi hitung

C.     Tujuan Pembelajaran**
·        Siswa dapat Mengetahui jenis operasi hitung
·        Siswa dapat Memberikan contoh sehari-hari yang berhubungan dengan operasi hitung
·        Siswa dapat Melakukan penjumlahan dan perkalian dengan nol
·        Siswa dapat Melakukan perkalian dengan satu
·        Siswa dapat Melakukan perkalian dua angka dengan angka sebelas
·        Siswa dapat Melakukan penjumlahan dan perkalian tiga bilangan berurutan
·        Siswa dapat Mengidentifikasi sifat penyebaran dalam perhitungan

v     Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
 Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )

D.    Materi Ajar
Operasi Hitung Bilangan

E.     Metode Pembelajaran
Games, Tanya Jawab, dan Latihan

F.      Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke-1
§        Kegiatan awal
-        Apresepsi/ Motivasi
-        Memberikan games menarik untuk membangkitkan semangat belajar siswa.
§        Kegiatan Inti    
§     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·        Siswa dapat Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung
§     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
    • Melakukan permainan (games) mengenai bilangan bulat, diskusi, memberi contoh besaran  sehari-hari yang menggunakan bilangan positif dan negatif, serta menganalisis dan menyimpulkan jenis operasi hitung
·        Melakukan percobaan, diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal
·        memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
·        memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
·        memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
·        memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
·        memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
·        memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
·        memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§        Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·        Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·        Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§        Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
·        Menyimpulkan materi dan memberikan tugas rumah untuk memantapkan pemahaman siswa.

Pertemuan ke-2
§        Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi
-        Mengingatkan kembali materi sebelumnya.
-        Melakukan permainan (games) mengenai bilangan bulat.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment