Monday, June 18, 2012

Contoh RPP SD IPA Kelas II Semester II


Bagi yang Ingin Memesan RPP dan Bahan Ajar silahkan isi Formulir ini  Formulir Pemesan

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran  
Tema    
Kelas/Semester   
Alokasi Waktu
Pertemuan        
: Ilmu Pengetahuan Alam
: Diri Sendiri
: II/I
: 5 x 35 menit
: 4 / Minggu II

                    
I. Standar Kompetensi
   Makhluk hidup dan proses Kehidupan
  1. Mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta  berbagai tempat hidup makhluk hidup.

II. Kompetensi Dasar
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
            Mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, di sitar rumah dan  sekolah melalui pengamatan.

III. Indakator
       Makhuk hidup dan Proses Kehidupan
Ø  Mengidentifikasi bagian utama tumbuhan yang ada di ingkungan sekoah.
Ø  Mengidentifikasi kegunaan utama tubuh tumbuhan.

IV. Tujuan pembelajaran
1.      Melalui teks bacaan yg didengarkan, siswa dapat mengidentifikasi contoh tumbuhan yang terdapat dalamteks bacaan dengan benar.
2.      Berdasarkan pengamatan siswa di lingkungan sekolah, siswa dapat menyebutkan bagian-bagian utama tumbuhan dengan benar.
3.      Melalui diskusi dengan teman sebangku, siswa dapat menyebutkan kegunaan dari bagian utama tumbuhan dengan benar.

V. Materi Pembelajaran
     Bagian utama tumbuhan

VI. Metode Pembelajaran
      Metode : Ceramah, Tanya jawab, peragaan, penugasan.

VII. Kegiatan Pembelajaran
a.       Pendahuluan
1.      Mengecek kesiapan beajar siswa, mengisi daftar kelas, berdoa, mempersiapkan materi ajar, mode dan alat peraga.
2.      Guru bertanya  jawab tentang pengalaman yang pernah dialami siswa.
3.      Menyampaikan tujuan pembelajran dengan cara  memberikan ilustrasi singkat aspek yang ingindi capai dalam pembelajaran (fase 1 : penjelasan tentang tujuan dan mempersiapkan siswa).
b.      Kegiatan Inti
1.      Bersama-sama menyanyikan lihat kebunku.
2.      Guru membagikan LKS 1 tentang “Bagian Utama Tumbuhan”
3.      Siswa mengerjakan LKS 1 tentang “Bagian Utama Tumbuhan” sambil mengamati tumbuhan  yang terdapat di lingkungan sekolah.
4.      Guru dan siswa bertanya jawan mengenai kegunaan bagian utama tumbuhan.
5.      Guru dan siswa menyimpukan materi pembelajaran, dan mengaitkan pembeajaran tersebut dengan  kehidupan sehari-hari.



c.       Penutup
1.      siswa diminta berlatih untuk mengelompokan tumbuhan yang terdapat di lingkungan rumah beserata bagian-bagian utama tumbuhan tersebut  (fase 5 : memberikan latihan mandiri).

VII. Alat dan Sumber Belajar
Ø  Gambar Bagian Utama Tumbuhan
Ø  Tumbuhan yang Ada di Lingkungan Sekolah
Ø  KTSP kelas 2 SD
Ø  BSE Ilmu Pengetahuan  Alam
Ø  Lembar Kerja siswa dan kunci LKS
Ø  Lembar Penilaian

VIII. Penilaian
Ø  Teknik                  : tes lisan, tes tertulis, kinerja
Ø  Bentuk  Penilaian : Daftar pertanyaan, menjodohkan
Ø  Soal/instrument (terlampir).

2 comments:

  1. Tolong beri contoh LKSnya biar lebih lengkap

    ReplyDelete
  2. terima kasih telah mengunjungi blog ini buk... insyallah saya update.. coba kunjungi website kami lagi.. terima kasih

    ReplyDelete