Bagi yang Ingin Memesan RPP dan Bahan Ajar silahkan isi Formulir ini Formulir Pemesan
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran
Tema
Kelas/Semester
Alokasi Waktu
Pertemuan
|
: Ilmu Pengetahuan Alam
: Diri Sendiri
: II/I
: 5 x 35 menit
: 4 / Minggu II
|
I. Standar Kompetensi
Makhluk hidup dan proses Kehidupan
- Mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup.
II. Kompetensi Dasar
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
Mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, di sitar rumah dan sekolah melalui pengamatan.
III. Indakator
Makhuk hidup dan Proses Kehidupan
Ø Mengidentifikasi bagian utama tumbuhan yang ada di ingkungan sekoah.
Ø Mengidentifikasi kegunaan utama tubuh tumbuhan.
IV. Tujuan pembelajaran
1. Melalui teks bacaan yg didengarkan, siswa dapat mengidentifikasi contoh tumbuhan yang terdapat dalamteks bacaan dengan benar.
2. Berdasarkan pengamatan siswa di lingkungan sekolah, siswa dapat menyebutkan bagian-bagian utama tumbuhan dengan benar.
3. Melalui diskusi dengan teman sebangku, siswa dapat menyebutkan kegunaan dari bagian utama tumbuhan dengan benar.
V. Materi Pembelajaran
Bagian utama tumbuhan
VI. Metode Pembelajaran
Metode : Ceramah, Tanya jawab, peragaan, penugasan.
VII. Kegiatan Pembelajaran
a. Pendahuluan
1. Mengecek kesiapan beajar siswa, mengisi daftar kelas, berdoa, mempersiapkan materi ajar, mode dan alat peraga.
2. Guru bertanya jawab tentang pengalaman yang pernah dialami siswa.
3. Menyampaikan tujuan pembelajran dengan cara memberikan ilustrasi singkat aspek yang ingindi capai dalam pembelajaran (fase 1 : penjelasan tentang tujuan dan mempersiapkan siswa).
b. Kegiatan Inti
1. Bersama-sama menyanyikan lihat kebunku.
2. Guru membagikan LKS 1 tentang “Bagian Utama Tumbuhan”
3. Siswa mengerjakan LKS 1 tentang “Bagian Utama Tumbuhan” sambil mengamati tumbuhan yang terdapat di lingkungan sekolah.
4. Guru dan siswa bertanya jawan mengenai kegunaan bagian utama tumbuhan.
5. Guru dan siswa menyimpukan materi pembelajaran, dan mengaitkan pembeajaran tersebut dengan kehidupan sehari-hari.
c. Penutup
1. siswa diminta berlatih untuk mengelompokan tumbuhan yang terdapat di lingkungan rumah beserata bagian-bagian utama tumbuhan tersebut (fase 5 : memberikan latihan mandiri).
VII. Alat dan Sumber Belajar
Ø Gambar Bagian Utama Tumbuhan
Ø Tumbuhan yang Ada di Lingkungan Sekolah
Ø KTSP kelas 2 SD
Ø BSE Ilmu Pengetahuan Alam
Ø Lembar Kerja siswa dan kunci LKS
Ø Lembar Penilaian
VIII. Penilaian
Ø Teknik : tes lisan, tes tertulis, kinerja
Ø Bentuk Penilaian : Daftar pertanyaan, menjodohkan
Ø Soal/instrument (terlampir).
Tolong beri contoh LKSnya biar lebih lengkap
ReplyDeleteterima kasih telah mengunjungi blog ini buk... insyallah saya update.. coba kunjungi website kami lagi.. terima kasih
ReplyDelete